Bonsai, tanaman minimalis harga fantastis

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Bonsai, tanaman minimalis harga fantastis Tanaman bonsai.

Ketertarikan masyarakat akan kelestarian lingkungan berkembang dari waktu ke waktu. Tidak hanya fokus pada kegiatan konservasi, tapi juga memasukan aspek estetika pada kegiatannya. Hal ini menjadikan tanaman hias mulai banyak dibudidayakan, selain untuk kebutuhan estetika juga menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Jenis tanaman hias yang kini mulai populer di kalangan masyarakat yaitu tanaman Bonsai.

 

Siapa tidak tahu tanaman bonsai? Jika menyebut bonsai, orang akan melontarkan kata kecil, mahal, dan unik. Bonsai bukanlah jenis tanaman melainkan cara budidaya pohon atau tanaman di dalam sebuah wadah atau pot. Bisa dikatakan bonsai adalah versi mini pohon atau tanaman aslinya. Layaknya dunia fashion yang mengalami pergantian mode, dunia tanaman pun demikian. Tanaman anthurium dan aglonema sempat menjadi primadona beberapa waktu lalu. Banyak orang berburu tanaman hias ini hingga rela merogoh kocek puluhan juta rupiah. Namun, pasang surut dunia tanaman, bonsai tetap memiliki penggemar.

 

Bonsai adalah seni mengerdilkan tanaman yang ditanam dalam pot sehingga seolah-olah ada miniatur pohon tua di puncak gunung atau ladang yang berada di rumah. Pot yang digunakan berukuran kecil dan dangkal. Pohon diletakkan di tempat terbuka, mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan rutin disirami. Ranting juga harus digunting jika telah memanjang atau tidak diperlukan. Penggantian tanah bonsai dilakukan agar kondisi tanaman tetap prima.

 

Seni mengerdilkan tanaman ini berasal dari Tiongkok tetapi lebih populer di Jepang. Hal ini disebabkan oleh Jepang lebih memperhatikan estetika seni bonsai daripada Tiongkok. Tidak heran, kata “bonsai” pun dicetuskan oleh Negeri Sakura itu.

 

Jenis Tanaman yang Dapat dibuat Bonsai

 

Bakalan bonsai adalah sebutan untuk tanaman yang dapat digunakan untuk tanaman bonsai. Biasanya, bakalan dari bonsai itu sendiri adalah tanaman yang diambil dari alam maupun dari pengembangbiakan, baik menggunakan biji, cangkok, setek, ataupun enten. Apapun asalanya, bakalan bonsai yang dimaksud adalah harus memiliki karakteristik-karakteristik yang harus dimiliki untuk tanaman bonsai. Apabila memiliki karakteristik dari tanaman itu sendiri, maka tanaman tersebut dapat digunakan untuk dijadikan bonsai yang tergolong sempurna. Biasanya, tanaman yang dapat dijadikan bonsai adalah tipe tanaman yang memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

 

1. Tanaman dikotil

Tanaman dikotil atau disebut juga tanaman biji berkeping dua yang pada umumnya memiliki batang keras dan memiliki kambiun. Tipe dan jenis seperti inilah yang paling ideal untuk dijadikan tanaman bonsai. Apabila tanaman teersebut berjenis monokotil (perdu, kelapa, bamboo, dan semak) dapat pula dijadikan bonsai, akan tetapi menjadi bonsai yang dikerdilkan, atau biasa disebut dengan bonsai sejati.

 

2. Berumur Panjang

Berumur panjang, karena pada dasarnya, tanaman bonsai adalah tanaman yang bersifat seni dan terus tumbuh, jadi bakalan bonsai adalah tanaman yang sekiranya dapat bertahan puluhan, hingga ratusan tahun apabila diperlukan.

 

3. Tanaman Kuat

Maksud dari ini adalah tanaman bonsai adalah tanaman yang dapat bertahan hidup dari hujan serta panas. Dan juga, tanaman tersebut dapat menahan kondisi dari kecilnya lahan menanam karena hanya mengunakan pot. Selain itu, sebagai bonsai, bakalan bonsai diharapkan juga dapat hidup lama meskipun makanan yang didapatkan dari luar hanya sedikit dengan pertumbuhan terhadap akar dan batang yang tergolong terbatas.

 

4. Bentuk yang Indah secara Alami

Biasanya, pohon yang dilakukan pembonsaian adalah tanaman yang memiliki daya tarik sedari awalanya, baik itu berdasarkan daun, bunga, batang, akar, Maupin buah dari tanaman bonsai tersebut. Oleh karena itu, keindahan dari tanaman akan semakin terlihat dan sempurna apabila mendapatkan perawatan yang sebagaimana seharusnya bonsai dilakukan.

 

5. Tahan Mendapatkan Perlakuan

Dikarenakan untuk pembonsaian, tanaman harus memiliki kemampuan dimana tanaman tersebut tahan dari gangguan dari luar. Pohon perlu dilakukan teknik yang dimana berbeda dari perawatan tanaman-tanaman lainnya. Seperti dipangkas, diliilitii kawat demi mendapatkan bentuk yang sempurna dari tanaman bonsai itu sendiri. Pada umumnya, tanaman yang biasanya dapat digunakan untuk membonsai adalah Azalea, Jeruk, dan Beringin.

 

PKS: Tak perlu buang waktu tentukan wagub DKI
Fadli Zon tuding Jokowi bohong terkait impor jagung
Prabowo sebut penahanan Ahmad Dhani dilatari dendam politik
Kubu Prabowo tuding pernyataan Jokowi soal jalan desa tak sesuai fakta
Bawaslu usul pendukung di ruang debat dikurangi, ini kata kubu Prabowo
Netralitas PNS dan TNI jadi tolok ukur keberhasilan pemilu
KPK didesak minta maaf atau bayar denda Rp10 triliun
Ma'ruf Amin minta Sandi tak sungkan untuk menyerangnya dalam debat
BPN beber pelanggaran Kubu Jokowi saat debat
Demokrat siap laporkan Jokowi jika langgar aturan debat
Konsep ketuhanan Marapu, agama asli Pulau Sumba
Juara Dunia enam kali ini bangga jadi rival terberat Valentino Rossi
Refleksi Hari Keadilan Sosial Sedunia bagi perempuan
Tim DPR temukan pasokan listrik Bali kritis
IHSG kembali menguat dekati 6.500
Fetching news ...