PAN: penjarahan masih terjadi di Palu dan Donggala

REPORTED BY: Insan Praditya

PAN: penjarahan masih terjadi di Palu dan Donggala Politisi PAN, Muhammad Ali Taher

Ketua DPP Partai Amanat Nasional, Ali Taher mengatakan penjarahan masih terjadi di wilayah Palu dan Donggala, Sulawesi tengah, hal tersebut dikarenakan bantuan yang belum tiba ke wilayah bencana tersebut,sehingga masyarakat terpaksa melakukan penjarahan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Karena penjarahan pada waktu kemarin itu masih berjalan, kenapa begitu? Karena masyarakat butuh bantuan dan bantuan belum sampai," ujarnya di gedung DPR-MPR RI Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Dia menjelaskan ketika Komisi VIII DPR RI melakukan kunjungan ke wilayah Palu dan Donggala Minggu lalu, wilayah tersebut masih membutuhkan sembako, baju dan obat-obatan,sehingga pemerintah harus memberikan bantuan tersebut secara tepat waktu.

"Dibutuhkan bantuan berupa alat medis, pangan,sandang dan papan, insyaallah sudah bisa teratasi pada Minggu pertama dan berangsur pada Minggu ke dua," jelasnya.

"Kita ingin bantuan sampai tepat waktu nya dan sasaran," lanjutnya.

Ali menegaskan kepada pemerintah, Kementrian Sosial dan BPNPB untuk menyeleksi relawan yang ingin terjun membantu ke wilayah bencana. Menurutnya, ada beberapa relawan yang hanya menggunakan momen tersebut untuk meraup keuntungan pribadi.

"Maka perlu adanya langkah dari pemerintah, terutama Kemensos, BPNPB dengan pemerintah daerah, melakukan inventarisasi terhadap relawan itu, bukan berarti meniadakan," tegasnya.

"Jangan sampai nanti maksud relawan itu tidak sampai ke tempat yang ditujukan untuk bantuannya," lanjutnya.

Sebelumnya, Armada TNI Angkatan Laut juga dikirimkan untuk segera bersandar di pelabuhan di lokasi bencana untuk membawa bantuan. Kini pemerintah terus berkomunikasi terkait tanggap darurat bencana ini, mengingat luasnya wilayah terdampak gempa dan tsunami.

Sementara itu, Kementerian Sosial siap menyalurkan bantuan 100 ton beras dan bantuan lainnya untuk korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bantuan akan diberikan ke walikota Donggala dan Bupati Donggala melalui keterangan persnya. Ia juga mengeluarkan surat keputusan tanggap darurat.

"Bantuan akan langsung disalurkan ke Wali Kota Palu dan Bupati Donggala, kita juga segera menerbitkan surat keputusan tanggap darurat," ujarnya di Jakarta, Jumat (28/09/2018).

Popularitas Habieb Rizieq turun, Golkar: masyarakat ingin kelembutan
TKN: Ustad Abdul Somad tak berpihak pada Prabowo
Demokrat ke Prabowo-Sandi: Apa yang menjadi janji harus ditepati
Demokrat tuding Sekjen Gerindra beri informasi tak utuh ke publik
Isi pembicaraan Jokowi dengan Putin
Sederet dampak buruk jika Anda miskin
PAN nilai Sandiaga Uno lebih tingkatkan elektabilitas dibanding Prabowo
Kubu Jokowi nilai kampanye negatif tak haram
Kubu Prabowo ingin lakukan taubat nasional
DPR RI kutuk serangan Israel atas warga Palestina
Sete Gibernau kembali balap Gran Prix setelah 10 tahun pensiun
JAPRI ajak masyarakat cerdas hindari hoaks
Amerika siap perang dingin dengan Cina
Janji Sandi fasilitasi wirausahawan muda
Sidang korupsi dana pensiun Pertamina, Edward sebut jaksa berbelit-belit
Fetching news ...