Manajemen Lion Air dinilai amatiran

REPORTED BY: Insan Praditya

Manajemen Lion Air dinilai amatiran Pesawat Lion Air

Pengamat penerbangan Alvian lie menilai cara manajemen maskapai Lion air menangani keluarga korban sangat amatianr. Hal tersebut terlihat dari Standar Operasinal Perusahaan (SOP) dan kebijakan dalam melayani dan menunjukan sikap empati kepada keluarga korban yang sangat kurang.

"Mereka tidak punya SOP tentang manajemen krisis dan kebijakan komunikasi saat krisis. Selain itu, budaya melayani dan kepedulian terhadap pelanggan tidak berkembang sebagai karakter perusahaan," ujarnya saat dihubungi wartawan Rimanews.com di Jakarta, Kamis (08/11/2018).

Menurutnya, hal tersebut sangat disayangkan karena perusahaan sebesar Lion Air tidak bisa menunjukkan sikap komunikatifnya kepada publik. Hal itu terutama terkait keluarga korban yang ingin menanyakan kejelasan mengenai anggotanya yang menjadi korban pada perjalanan penerbangan nahas itu.

"Cara mereka mengelola informasi untuk publik dan media.sangat amatiran. Apalagi bagi perusahaan sebesar Lion," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan akibat tidak profesionalnya Lion Air, sudah dipastikan manajemen tersebut akan mengalami kesulitan dalam menghadapi krisis besar yang menimpa perusahaan.

"Akibatnya mereka keteteran ketika menghadapi krisis besar saat ini," tegasnya .

Sebelumnya, seorang perwakilan keluarga penumpang Lion Air asal Bangka Belitung mengatakan komunikasi pihak Lion Air kepada pihak keluarga korban sangat minim. Dalam pertemuan itu ia menganggap perusahaan bentukan Rusdi Kirana tersebut dinilai telah gagal dalam menangani keluarga korban yang mencari kejelasan anggotanya.

"Untuk Lion Air, Rusdi Kirana saya anggap gagal. Mungkin bapak saat krisis perlu segera bentuk crisis communication, tidak hanya crisis center," ujar seorang perwakilan keluarga korban di Hotel Ibis Cawang, Jakarta Timur, Senin (05/11/2018).

Ini isi tuntutan aktivis lingkungan untuk elit politik
Kubu Prabowo beri pembelaan atas pemecatan guru honorer pose dua jari
Es mencair, puluhan jenazah pendaki di Puncak Everest muncul
Dicoret di dua kabupaten, ini respons Partai Berkarya
BPN yakin sosok Sandiaga Uno mampu lampaui elektabilitas petahana
Impor bawang putih dinilai bakal turunkan elektabilitas Jokowi
Dilaporkan ke Bawaslu, Ma'ruf Amin: Itu tidak tepat
Prabowo-Sandi akan kumpulkan ketum partai dan tokoh agama
Tak serahkan dana kampanye, 11 Parpol digugurkan di tingkat daerah
DPR soroti hak politik narapidana dan warga binaan
Fadli Zon: Wiranto super ngawur
Prabowo kampanye di Makassar, Sandiaga di Jawa Tengah
IHSG ditutup menguat di level 6.501
Mayoritas pemilih tidak tertarik janji capres
Usai Romy dicokok KPK, PPP yakin bangkit
Fetching news ...