Budget traveling yang sehat untuk generasi milenial

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Budget traveling yang sehat untuk generasi milenial Pengusaha muda Aryo Ariotedjo

Ada ungkapan kuno “traveling is knowledge”, atau jalan-jalan adalah pengetahuan. Maka wajar jika hangout di antara generasi milenial merupakan hal wajib.

Akan tetapi, jalan-jalan jangan sampai membuat kesehatan finansial kalian terganggu. Pengusaha muda Aryo Ariotedjo mengingatkan bahwa kebutuhan untuk jalan-jalan sebaiknya tidak lebih dari 5% dari pendapatan.

“Gini ya, harus 10 persen ditabung; 10 persen lagi ditabung untuk keperluan investasi; baru 5 persen ditabung untuk jalan-jalan,” katanya saat ditemui di Jakarta, Sabtu (11/08/2019).

Mastermind dari Grupara dan juga coworking space Freeware ini menuturkan bahwa wilayah Indonesia sangat Indah dan luas. Oleh sebab itu, keindahan tersebut harus dinikmati. Akan tetapi, hal itu membutuhkan dana yang tidak sedikit.

“Butuh dana besar, ya. Tapi, kita juga harus refreshing biar tidak mumet,” katanya.

Tren traveling

Tahun 2018 ini tren traveling milenial terus berubah. Menurut riset dari Dwidayatour terhadap 1.700 warganet milenial tentang kebutuhan travelingnya, hasilnya adalah pertama tujuan berwisata generasi milenial yang saat ini rata-rata berusia 18-35 tidak hanya untuk refreshing, namun juga untuk mencari ide-de segar yang akan diaplikasikan mereka dalam pekerjaannya.

Kedua,  wisata menurut mereka lebih baik singkat tapi sering. Padatnya jadwal kegiatan mereka membuat akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk berlibur, dibanding harus menunggu musim liburan panjang.

Selanjutnya, data riset tersebut, diketahui dengan Rp 2-10 juta sudah cukup bagi milenial untuk berlibur melepas penat. Dengan jumlah pengeluaran tersebut, milenial sudah bisa berlibur ke berbagai pulau di Indonesia juga luar negeri, berkat berbagai promo yang didapat.

Terakhir, para milineal paling banyak mencari landmark atau ciri khas tempat dari suatu destinasi. Hal tersebut untuk mendapatkan foto untuk dibagikan di media sosial.

PKS: Tak perlu buang waktu tentukan wagub DKI
Fadli Zon tuding Jokowi bohong terkait impor jagung
Prabowo sebut penahanan Ahmad Dhani dilatari dendam politik
Kubu Prabowo tuding pernyataan Jokowi soal jalan desa tak sesuai fakta
Bawaslu usul pendukung di ruang debat dikurangi, ini kata kubu Prabowo
Netralitas PNS dan TNI jadi tolok ukur keberhasilan pemilu
KPK didesak minta maaf atau bayar denda Rp10 triliun
Ma'ruf Amin minta Sandi tak sungkan untuk menyerangnya dalam debat
BPN beber pelanggaran Kubu Jokowi saat debat
Demokrat siap laporkan Jokowi jika langgar aturan debat
Konsep ketuhanan Marapu, agama asli Pulau Sumba
Juara Dunia enam kali ini bangga jadi rival terberat Valentino Rossi
Refleksi Hari Keadilan Sosial Sedunia bagi perempuan
Tim DPR temukan pasokan listrik Bali kritis
IHSG kembali menguat dekati 6.500
Fetching news ...