News Law

Warga Papua desak KPK setop kriminalisasi Lukas Enembe

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Warga Papua desak KPK setop kriminalisasi Lukas Enembe Gubernur Papua Lukas Enembe

Sejumlah massa dari Komunitas Orang Asli Papua menggeruduk Gedung KPK mendesak lembaga antirasuah itu supaya tidak mengkriminalisasi Gubernur Lukas Enembe. Massa juga menyerukan KPK supaya meminta maaf secara terbuka kepada seluruh rakyat Papua.

"KPK, setop intimidasi, kriminalisasi Gubernur kami orang Papua. Harusnya KPK bekerja secara profesional dan transparan. KPK hrus segera menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada rakyat Papua, atas semua upaya pembunuhan karakter terhadap pemimpin kami," kata Koordinator Massa Komunitas Orang Papua Asli, John Manufandu, Senin (18/02/2019).

Komunitas Orang Papua Asli juga mengimbau KPK agar tidak bermain politik. Warga menduga adanya pesanan politik guna membuat sentimen negatif terhadap Gubernur Papua.

Bagi yang sudah merasakan kinerja positif yang selama ini dilakukan Lukas di tanah Papua, mereka tetap yakin Lukas Enembe tidak bersalah.

Selain melakukan aksi unjuk rasa massa juga membawa spanduk bertuliskan Stop Intimidasi, Kriminalisasikan, Gubernur Kami ! Orang PAPUA,  KPK RI Setop Kriminalisasi Gubernur Papua. KPK RI Pilih Tangkap Gubernur Papua atau Kehilangan Papua, dan KPK Hentikan Kriminalisasi Pejabat Papua.

Kedatangan massa adalah buntut dari penggeledahan Kantor Gubenur Papua Lukas Enembe pada 2 Februari 2017 dan Misi OTT KPK yang gagal di Hotel Borobudur Jakarta. Massa menilai hal tersebut sebagai bentuk pembunuhan karakter yang sengaja dilakukan oleh oknum di tubuh KPK.

"KPK Harus melakukan OTT secara profesional, jangan hanya seperti security seperti yang terjadi di Hotel borobudur. Tindakan KPK di Hotel Borobudur merupakan tindakan yang tidak profesional. Kami menginginkan KPK berdiri secara mandiri," tegas John.

Massa dari Komunitas Orang Asli Papua menggeruduk Gedung KPK, Senin (18/02/2019)

Kubu Jokowi akan yakinkan swing voters di kampanye terbuka
Komnas HAM sebut pemerintah umbar janji ke korban gempa Sulteng
Daftar kesalahan berkirim email resmi
PDIP ingin Golkar rebut posisi kedua dari Gerindra
PDIP: Prabowo-Sandi hanya naik 4 persen padahal sudah pakai fitnah dan hoaks
DPR setujui dua nama calon hakim konstitusi
IHSG berpotensi menguat hari ini
BPN: Jokowi kehilangan kepercayaan dari masyarakat
Rapat Paripurna sepi, ini alasan Wakil Ketua DPR
Kubu Prabowo nilai OTT Romahmurmuziy tanda pemerintahan Jokowi tidak berhasil
Elektabilitas turun, ini kata kubu Jokowi
Amerika imbau Iran hentikan program rudal balistik
Fadli Zon: Krisis Timur Tengah dipicu masalah politik
Dukungan Erwin Aksa sangat diharapkan kubu Prabowo
IHSG masih bakal tertahan di zona merah
Fetching news ...