Readup

5 penyakit populer ini ternyata terkait masalah psikologis

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

5 penyakit populer ini ternyata terkait masalah psikologis

Ada sejumlah penyakit yang mungkin Anda kira semata-mata gangguan fisik. Namun, ternyata ada faktor psikologis yang diduga menjadi penyebab penyakit tersebut.

Louise L. Hay dalam bukunya yang terkenal “You Can Heal Your Life” (2001:146-207) menyatakan hal tersebut. Dia menyebutkan ratusan penyakit fisik yang menurutnya sangat mungkin dipengaruhi oleh kondisi kejiwaan penderitanya. Berikut kami kutipkan 5 di antara penyakit tersebut:

1. Kanker

Menurut Hay penyakit kanker sangat mungkin menjadi kelanjutan dari luka batin yang mendalam, dendam yang berkepanjangan, dan terlalu banyak rahasia dan kesedihan yang dipendam.

Untuk menghindari atau sembuh dari kanker, Hay menyarankan supaya kita melepaskan beban itu dengan memaafkan semua yang terjadi di masa lalu, menerima dan mencintai diri sendiri, serta bertekad untuk hidup dengan bahagia.

2. Sesak nafas

Nafas merepresentasikan kemampuan untuk menjalani hidup. Ketakutan atau menolak untuk menjalani hidup dengan saksama akan menyebabkan sejumlah gangguan pernapasan, terutama mendadak sesak nafas dan hiperventilasi.

Dia menyarankan penderitanya supaya merasa aman dalam hidup serta mencintai kehidupan yang sudah dianugerahkan. Adalah hak setiap orang untuk hidup dengan pilihan yang bebas.

3. Jantung

Jantung merepresentasikan pusat cint dan rasa aman. Menurut Hay, melupakan kesenangan demi uang dan jabatan dapat memicu serangan jantung. Yang juga dapat memicu masalah pada jantung adalah memiliki masalah emosional berkepanjangan, kurang bahagia, dan memelihara luka serta stress.

Dia menyarankan supaya kita menebar kasih guna terhindar dari masalah jantung. Biarkan kebahagiaan menghampiri kita kapan pun dan di mana pun.

4. Sakit kepala

Sakit kepala secara umum, termasuk migrain, mungkin disebabkan oleh ketidakberterimaan terhadap apa yang ada dalam diri. Terlalu sering mencela diri sendiri serta rasa takut juga dapat memicu sakit kepala.

Hay mengatakan bahwa pola pikir terhadap diri perlu diubah dengan cara mencintai dan menerima diri sendiri. Kita harus melihat bahwa diri sendiri adalah sosok yang perlu dicintai. Kita juga harus selalu merasa aman, supaya bebas dari sakit kepala.

Sementara itu, vertigo sangat mungkin berasal dari pikiran yang semrawut. Orang yang gemar menolak untuk melihat sesuatu secara utuh rawan kena penyakit pusing ini.

5. Sakit Perut

Sejumlah sakit perut seperti maag, radang lambung (gastritis) dan mulas sering disebabkan oleh kengerian menghadapi hidup, dan ketakutan terhadap hal-hal baru. Ketidakmampuan untuk beradaptasi atau berasimilasi dengan suasana atau hal-hal baru sangat berpotensi menghasilkan sejumlah masalah lambung.

Solusinya, Hay menawarkan supaya kita menjalani hidup dengan mudah dan beradaptasi dengan lingkungan apa pun. Kita harus yakin bahwa apa pun yang kita hadapi akan berjalan dengan baik.

PKS: Tak perlu buang waktu tentukan wagub DKI
Fadli Zon tuding Jokowi bohong terkait impor jagung
Prabowo sebut penahanan Ahmad Dhani dilatari dendam politik
Kubu Prabowo tuding pernyataan Jokowi soal jalan desa tak sesuai fakta
Bawaslu usul pendukung di ruang debat dikurangi, ini kata kubu Prabowo
Netralitas PNS dan TNI jadi tolok ukur keberhasilan pemilu
KPK didesak minta maaf atau bayar denda Rp10 triliun
Ma'ruf Amin minta Sandi tak sungkan untuk menyerangnya dalam debat
BPN beber pelanggaran Kubu Jokowi saat debat
Demokrat siap laporkan Jokowi jika langgar aturan debat
Konsep ketuhanan Marapu, agama asli Pulau Sumba
Juara Dunia enam kali ini bangga jadi rival terberat Valentino Rossi
Refleksi Hari Keadilan Sosial Sedunia bagi perempuan
Tim DPR temukan pasokan listrik Bali kritis
IHSG kembali menguat dekati 6.500
Fetching news ...